Penyebab Motor Berasap putih
Contoh Motor 4 Tak Berasap Putih |
Melalui artikel saya kali ini, akan menjelaskan kepada setiap pemilik
kendaraan dan sekaligus bagi mekanik bengkel sepeda motor tentang Penyebab motor berasap putih, supaya memiliki pemahaman dalam menyimpulkan apa yang harus di lakukan kalau terjadi pada kendaraan bermotor tersebut.
Dan penyebab yang saya uraikan ini semuanya berlaku pada motor 4 tak tidak terkecuali karena memiliki kesamaan dalam proses kerja mesin baik kelemahan yang terjadi dan sekaligus cara memperbaikinya, yang membedakan satu sama lain adalah perbedaan bentuk alat yang di pergunakan.
Dan penyebab yang saya uraikan ini semuanya berlaku pada motor 4 tak tidak terkecuali karena memiliki kesamaan dalam proses kerja mesin baik kelemahan yang terjadi dan sekaligus cara memperbaikinya, yang membedakan satu sama lain adalah perbedaan bentuk alat yang di pergunakan.
Untuk mengetahui Penyebab motor berasap putih khususnya 4 tak saya akan jelaskan satu per satu di bawah ini supaya ada kepastian bagi setiap pembaca mengetahui kelemahan pada motor tersebut dan sekaligus cara memperbaikinya, dan untuk mempersingkat waktu saya langsung jelaskan selengkap-lengkapnya tentang penyebab motor berasap putih khususnya motor 4 tak dan cara memperbaikinya.
Beberapa Hal Penyebab Motor Berasap Putih Khususnya 4 Tak dan Cara Memperbaikinya
Secara garis besar setiap sebab pasti ada akibat dan begitu juga sebaliknya dimana setiap akibat yang terjadi pasti ada penyebabnya dan itulah yang saya jelaskan yaitu sebab dan akibat dan juga cara memperbaikinya, antara lain:
Penyebab motor berasap |
- Pengaruh Knalpot, jika knalpot mengeluarkan asap putih pada motor 4 tak berkemungkinan knalpot tersebut telah di semprotkan oli, dengan memiliki alasan supaya knalpot tidak mudah kropos atau awet dan tahan lama, sehingga disaat motor tersebut di hidupkan mengeluarkan asap putih dan sebetulnya penyebab yang satu ini tidak beresiko pada mesin kendaraan bermotor kita, untuk memastikan bahwa asap putih terjadi karena di akibatkan knalpot maka coba di buka Knalpotnya dan setelah di lepas selanjutnya Mesin motor di hidupkan dan langsung perhatikan di saat hidup apakah masih mengeluarkan asap putih setelah di buka knalpot atau tidak, kalau tidak mengeluarkan asap putih setelah di buka knalpot saat posisi mesin motor di hidupkan maka tidak menjadi hal karena mesin motor tidak memiliki kelemahan atau kerusakan yang mengakibatkan asap putih atau makan oli, tetapi jika setelah dilepas knalpot dan posisi motor dalam keadaan mesin hidup masih mengeluarkan asap putih maka ada kerusakan yang harus di perbaiki pada kendaraan tersebut.
- Piston dan Ring piston, Jika tahap pertama telah di proses dan masih mengeluarkan asap putih pada motor 4 tak tersebut dan oli selalu kurang saat waktu mengganti oli mesin, maka Piston dan ring piston melemah atau aus sehingga terjadi kebocoran Oli pada sela-sela dinding Silinder(Blok motor) di saat mesin berputar Sehingga Oli akan merembes ke ruang bakar dan ikut terbakar. Inilah yang membuat asap yang keluar dari knalpot berwarna putih. Dan cara memperbaikinya adalah Silinder motor tersebut harus di buka dan setelah di buka coba buka ring pada piston dan masukkan satu per satu ring tersebut pada silinder, jika ring tersebut memiliki jarak sambungan masih dalam posisi rapat (Maksimal 0,20mm) maka ring bukan menjadi penyebab terjadinya berasap putih, tetapi jika jarak ring tersebut memiliki kerenggangan yang melebihi dari ukuran maksimal dari 0,02mm maka ring tersebut harus di tukar dengan yang baru. Begitu juga dengan pistonnya, setelah di buka ring dari piston, coba piston yang tanpa ring tersebut masukkan ke silinder (blok), seandainya piston yang kita masukan masih pada maka piston tersebut masih bagus dan bukan menjadi penyebab motor mengakibatkan asap putih, tetapi jika di saat kita masukkan piston tersebut ke silinder dan tanpa kita tekan ke silinder (bloknya) sudah jatuh atau tidak padat atau kemungkinan piston tersebut cacat/baret maka Piston harus di ganti dan cara memperbaikinya Silinder tersebut harus di Ganti yang baru bersamaan dengan Piston ring Kit atau cara lain memperbaikinya adalah Silinder tersebut di Boring dengan mengganti botol pada silinder tersebut dan cara yang lain lagi adalah di Corter/Lemar (Piston ringnya yang baru diperbesar menjadi ukuran oporsize 25, 50, 75,100).
- Botol Klep, penyebab berikutnya jika terjadi asap putih pada motor 4 tak tersebut adalah karena Botol klep yang lobok/longgar atau tidak padat saat di pasang payung klep, cara memperbaikinya harus di ganti yang baru botol klepnya supaya memiliki kepadatan pada posisi pemasangan payung klep. dan usahakan harus tepat pemasangannya, karena jika botol klep tidak duduk pada posisi yang tepat akan mempersulit kita pada saat menyekir klep.
- Tiang payung klep aus, penyebab berikutnya terjadinya asap putih pada motor 4 tak adalah karena tiang payung klep yang aus, cara pemeriksaannya adalah setelah di lepaskan kuku klep dan per klep coba masukkan tiang klep tersebut ke botol klep dan setelah masuk coba goyangkan kiri kanan, jika padat dan tidak goyang kiri kanan maka klepnya bagus tetapi jika longgar dan kemungkinan bisa di goyang ke kiri dan ke kanan maka klep tersebut sudah harus di ganti dengan yang baru.
- Klep bocor, Penyebab berikutnya adalah klep bocor, ini biasanya karena kerak yang sudah menumpuk di bibir klep. atau bisa juga karena klep sudah tidak rata. cara memperbakinya adalah dengan cara menyekir klep dengan mengikisnya dengan alat bantu amplas cair(amrile) untuk meratakan kembali posisi klep dengan seteing klep.
- Seal Klep, penyebab yang paling rawan terjadinya asap putih pada motor 4 tak adalah karena seal klep Keras/mati atau tidak padat pada tiang klep, dan hal ini saya wajibkan untuk mengganti seal klep tersebut setiap melakukan perbaikan motor dalam posisi berasap karena seal klep inilah yang sering rawan terjadinya asap putih pada motor 4 tak.
0 komentar: Post Yours! Read Comment Policy ▼
PLEASE NOTE:
We have Zero Tolerance to Spam. Chessy Comments and Comments with Links will be deleted immediately upon our review.
Post a Comment